Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di Blog Info Konservasi Papua

Cari Informasi/Berita/Tulisan/Artikel di Blog IKP

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org
Info Foto : 1) Virtuoso Entertain bersama Numbay Band saat melakukan penampilan bersama Artis Nasional Titi DJ. 2) Saat penampilan bersama Artis Diva Indonesia, Ruth Sahanaya. 3) Mengiringi artis Papua, Edo Kondologit dan Frans Sisir pada acara "Selamat Tinggal 2012, Selamat Datang 2013" kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok 2 Jayapura. 4) Melakukan perform band dengan Pianis Jazz Indonesia. 5) Personil Numbay Band melakukan penampilan di Taman Imbi, Kota Jayapura. Vitrtuoso Entertain menawarkan produk penyewaan alat musik, audio sound system dan Band Profesional kepada seluruh personal, pengusaha, instansi pemerintah,perusahaan swasta, toko, mal, kalangan akademisi, sekolah, para penggemar musik dan siapa saja yang khususnya berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, serta umumnya di Tanah Papua. Vitrtuoso Entertain juga menawarkan bentuk kerjasama seperti mengisi Acara Hari Ulang Tahun baik pribadi maupun instansi, Acara Wisuda, Acara tertentu dari pihak sponsor, Mengiringi Artis dari tingkat Nasional sampai Lokal, Acara Kampanye dan Pilkada, serta Acara-Acara lainnya yang membutuhkan penampilan live, berbeda, profesional, tidak membosankan dan tentunya.... pasti hasilnya memuaskan........ INFO SELENGKAPNYA DI www.ykpmpapua.org

02 March 2008

Arar Sebagai Pemelihara Lingkungan Pada Masyarakat Biak

(Alamku Papua, Edisi Gebruari 2008)
Pada masyarakat pedesaan Biak, terdapat tradisi arar yang berkaitan dengan pemeliharaan lingkungan. Istilah ini berhubungan dengan kebiasaan dimana kebun kelapa dilarang untuk diambil hasilnya oleh orang lain. Arar diatur oleh kepala Dusun sebagai pengatur lembaga tradisional untuk menjamin kepatuhan masyarakat.
Tradisi lain yang yang menguntungkan alam adalah pemanfaatan hutan. Hutan memberikan berbagai manfaat kepada manusia, berfungsi sebagai penyedia kayu, rotan untuk membuat rumah, perahu, dan mengambil kayu bakar. Sebagai contoh, memelihara jenis pohon tertentu yang diperlukan untuk pembuatan rumah dan perahu. Selain itu ada tebang pilih sesuai dengan ukuran maupun jenis kayu, sehingga kayu yang tidak diperlukan tidak ikut ditebang.

Apabila diameter pohon yang diperlukan cukup besar, maka masyarakat akan memelihara pohon tersebut.
Selain arar, ada tradisi yang berkaitan dengan mitos-mitos dan dongeng-dongeng tertentu. Dalam masyarakat Biak, ada pantangan yang berhubungan totemisme pada kelompok tertentu, sehingga mereka pantang memakan hewan tertentu.

Tradisi pemeliharaan lingkungan ini masih berlaku hingga sekarang. Kita sebagai manusia yang mencintai lingkungan, harus mendukung dan menjaga agar lingkungan tetap lestari.
Alam sekitar selalu memberi manfaat kepada kita, tetapi alam dapat memberi hambatan, bahkan bencana apabila kita menyia-nyiakannya. Kemampuan manusia harus dipergunakan untuk memanfaatkan alam sekitar kita dengan sebaik-baiknya serta menjaga ekologinya. Manusia dan lingkungan bagaikan sebuah rantai yang saling berhubungan satu dengan lainnya.