Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di Blog Info Konservasi Papua

Cari Informasi/Berita/Tulisan/Artikel di Blog IKP

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org
Info Foto : 1) Virtuoso Entertain bersama Numbay Band saat melakukan penampilan bersama Artis Nasional Titi DJ. 2) Saat penampilan bersama Artis Diva Indonesia, Ruth Sahanaya. 3) Mengiringi artis Papua, Edo Kondologit dan Frans Sisir pada acara "Selamat Tinggal 2012, Selamat Datang 2013" kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok 2 Jayapura. 4) Melakukan perform band dengan Pianis Jazz Indonesia. 5) Personil Numbay Band melakukan penampilan di Taman Imbi, Kota Jayapura. Vitrtuoso Entertain menawarkan produk penyewaan alat musik, audio sound system dan Band Profesional kepada seluruh personal, pengusaha, instansi pemerintah,perusahaan swasta, toko, mal, kalangan akademisi, sekolah, para penggemar musik dan siapa saja yang khususnya berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, serta umumnya di Tanah Papua. Vitrtuoso Entertain juga menawarkan bentuk kerjasama seperti mengisi Acara Hari Ulang Tahun baik pribadi maupun instansi, Acara Wisuda, Acara tertentu dari pihak sponsor, Mengiringi Artis dari tingkat Nasional sampai Lokal, Acara Kampanye dan Pilkada, serta Acara-Acara lainnya yang membutuhkan penampilan live, berbeda, profesional, tidak membosankan dan tentunya.... pasti hasilnya memuaskan........ INFO SELENGKAPNYA DI www.ykpmpapua.org

01 August 2006

Manca Negara : Panama : Laba-laba Betina Menjerit Saat Kawin

( Kompas, Senin 31 Juli 2006 )
Tidak hanya manusia yang mengeluarkan suara saat melakukan hubungan persetubuhan. Laba-laba betina dari jenis Physocylus globosus juga mengeluarkan suara berfrekuensi tinggi saat kawin. Disebut dengan strindulation, suara melengking tersebut dikeluarkan laba-laba betina sebagai respon tehadap tekanan berirama yang dilakukan laba-laba jantan saat mengawininya. Hal tersebut dilakukannya sebagai bentuk komunikasi kepada pejantannya saat kawin.

Laba-laba betina diketahui mampu menyimpan sperma dari banyak pejantan di tubuhnya. Selain itu, seekor laba-laba betina juga dapat memilih sperma-sperma mana yang akan dipilih untuk membuahi sel telurnya. Tekanan saat kawin merupakan cara yang dilakukan laba-laba jantan untuk merangsang laba-laba betina sehingga kesempatan spermanya membuahi sel telur semakin besar.

"Jantan yang sering menekan betinanya selama kawin memiliki peluang lebih besar untuk memiliki keturunan daripada yang tidak banyak menekan," kata salah satu penelitinya William Eberhard dari Universidad de Costa Rica dan Institut Penelitian Tropis Smithsonian di Panama.

Meskipun demikian, tekanan tersebut dapat melukai laba-laba betina jika terlalu kuat. Saat laba-laba jantan menekan terlalu kuat atau terlalu lama, laba-laba betina juga akan mengeluarkan suara tertentu agar laba-laba jantan meneruskannya tapi lebih ringan. Untuk menghasilkan suara yang melengking, laba-laba betina menggesek-gesekkan bagian pedipalp, organ tambahan yang memajang seperti kaki di dekat mulutnya, dengan chalicera, bagian taringnya yang memiliki permukaan kasar seperti kikir.
Pada laba-laba jantan, alat kelaminnya terletak di ujung pedipalp. Otot di bagian pangkalnya mengatur tekanan berirama alat kelamin jantan. Gerakan inilah yang merangsang laba-laba betina untuk mengeluarkan suara melengking.

Para peneliti mempelajari hubungan antara proses kawin dan suara melengking laba-laba betina dengan mengawinkan 68 ekor laba-laba betina yang masih perawan dengan dua ekor laba-laba jantan. Mereka menemukan bahwa frekuensi tekanan yang dilakukan laba-laba jantan sesuai dengan panjang lengkingan yang dikeluarkan laba-laba betina selama melakukan hubungan seksual.

Strindulation ini semakin sering dilakukan jika laba-laba jantan gagal melakukan tekanan sesuai permintaan sebelumnya. Laba-laba jantan yang menuruti keinginan pasangan kawinnya memiliki lebih banyak peluang untuk membuahi sel telur. Hasil penelitian ini dijelaskan dalam jurnal Animal Behavior.

Para peneliti memperkirakan bahwa gerakan yang menekan tersebut akan mendorong sperma lebih dalam ke tubuh laba-laba betina. Dengan demikian, peluangnya membuahi sel telur semakin besar. "Laba-laba betina mungkin menyukai pejantan yang dapat merangsangnya sehingga mendorongnya untuk membuahi sel telur dengan sperma pejantan yang dapat merangsang lebih baik," ujar Eberhard.