Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di Blog Info Konservasi Papua

Cari Informasi/Berita/Tulisan/Artikel di Blog IKP

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org
Info Foto : 1) Virtuoso Entertain bersama Numbay Band saat melakukan penampilan bersama Artis Nasional Titi DJ. 2) Saat penampilan bersama Artis Diva Indonesia, Ruth Sahanaya. 3) Mengiringi artis Papua, Edo Kondologit dan Frans Sisir pada acara "Selamat Tinggal 2012, Selamat Datang 2013" kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok 2 Jayapura. 4) Melakukan perform band dengan Pianis Jazz Indonesia. 5) Personil Numbay Band melakukan penampilan di Taman Imbi, Kota Jayapura. Vitrtuoso Entertain menawarkan produk penyewaan alat musik, audio sound system dan Band Profesional kepada seluruh personal, pengusaha, instansi pemerintah,perusahaan swasta, toko, mal, kalangan akademisi, sekolah, para penggemar musik dan siapa saja yang khususnya berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, serta umumnya di Tanah Papua. Vitrtuoso Entertain juga menawarkan bentuk kerjasama seperti mengisi Acara Hari Ulang Tahun baik pribadi maupun instansi, Acara Wisuda, Acara tertentu dari pihak sponsor, Mengiringi Artis dari tingkat Nasional sampai Lokal, Acara Kampanye dan Pilkada, serta Acara-Acara lainnya yang membutuhkan penampilan live, berbeda, profesional, tidak membosankan dan tentunya.... pasti hasilnya memuaskan........ INFO SELENGKAPNYA DI www.ykpmpapua.org

17 November 2006

Manca Negara : Spanyol : Serangga Penyerbuk Dorong Evolusi Bentuk Bunga

( Kompas, Senin 16 Oktober 2006 )
Selain berwarna-warni, mahkota bunga tampil dengan berbagai bentuk. Namun, secara umum, mahkota bunga dapat dibagi menjadi dua kelompok yakni yang berbentuk simetri radial, misalnya bunga lili, dan simetri bilateral, misalnya anggrek.

Dari bukti-bukti fosil bunga yang pernah ditemukan dan sifat genetika tumbuhan menunjukkan bahwa simetri radial merupakan sifat dasar yang dibawa sejak zaman purba. Sedangkan bentuk simetri bilateral muncul secara acak di berbagai jenis tumbuhan kemudian.

Para peneliti berusaha mempelajari mengapa beberapa jenis tumbuhan memilih bentuk simetri bilateral dalam proses seleksi alam. Tim yang dipimpin Jose Gomez dari Universitas Granada Spanyol mempelajari tumbuhan herba Erysimum mediohispanicum yang tumbuh di daerah selatan Spanyol.

Tumbuhan ini dipilih sebab memiliki bunga ganda yang berbentuk simetri radial maupun bilateral. Gomez dan para peneliti lainnya mengamati jenis serangga yang membantu penyerbukan bunganya dan mengamati dimensi bunga dengan teknik morfometri geometri.

Dari 2000 kali pengamatan yang berselang satu menit terlihat bahwa serangga yang paling sering datang adalah kumbang Meligethes maurus. Sekitar 80 persen dari total kunjungan dilakukan kumbang yang berukuran kecil tersebut..

Mereka juga menemukan bahwa bunga yang berbentuk simetri bilateral lebih sering dikunjungi kumbang daripada yang simetri radial. Selain itu, tumbuhan yang memiliki bunga berbentuk simetri bilateral menghasilkan biji dan tunas lebih banyak.

Ini menunjukkan bahwa keturunan yang memiliki bunga simetri bilateral akan lebih banyak daripada yang simetri radial. Serangga juga cenderung memilih mendatangi bunga yang berbentuk simetri bilateral. Hal tersebut merupakan faktor yang mendorong evolusi bunga. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal American Naturalist.

Yang masih menjadi pertanyaan sekarang, mengapa kumbang memilih bunga yang bilateral? "Mungkin karena bentuk yang bilateral lebih mudah didarati serangga," ujar Gomez.