Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di Blog Info Konservasi Papua

Cari Informasi/Berita/Tulisan/Artikel di Blog IKP

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org
Info Foto : 1) Virtuoso Entertain bersama Numbay Band saat melakukan penampilan bersama Artis Nasional Titi DJ. 2) Saat penampilan bersama Artis Diva Indonesia, Ruth Sahanaya. 3) Mengiringi artis Papua, Edo Kondologit dan Frans Sisir pada acara "Selamat Tinggal 2012, Selamat Datang 2013" kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok 2 Jayapura. 4) Melakukan perform band dengan Pianis Jazz Indonesia. 5) Personil Numbay Band melakukan penampilan di Taman Imbi, Kota Jayapura. Vitrtuoso Entertain menawarkan produk penyewaan alat musik, audio sound system dan Band Profesional kepada seluruh personal, pengusaha, instansi pemerintah,perusahaan swasta, toko, mal, kalangan akademisi, sekolah, para penggemar musik dan siapa saja yang khususnya berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, serta umumnya di Tanah Papua. Vitrtuoso Entertain juga menawarkan bentuk kerjasama seperti mengisi Acara Hari Ulang Tahun baik pribadi maupun instansi, Acara Wisuda, Acara tertentu dari pihak sponsor, Mengiringi Artis dari tingkat Nasional sampai Lokal, Acara Kampanye dan Pilkada, serta Acara-Acara lainnya yang membutuhkan penampilan live, berbeda, profesional, tidak membosankan dan tentunya.... pasti hasilnya memuaskan........ INFO SELENGKAPNYA DI www.ykpmpapua.org

08 June 2006

Tips & Trik : Sehat dengan Jus Buah ( I )

( Suara Karya Online, Kamis 07 Juni 2006 )
Oleh Prof Hembing Wijayakusuma
Era globalisasi ini membutuhkan segala sesuatu yang serba instan dan praktis. Hal ini tidak saja terjadi pada ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi, tetapi juga terhadap pengobatan tradisional dalam dunia kesehatan.

Menghadapi arus modernisasi dalam pengobatan tradisional dilakukan berbagai cara. Di antaranya adalah pengobatan praktis dan sistematis yaitu melalui penyembuhan dengan jus-buah-buahan yang dihaluskan dengan alat bernama blender. Jus saat ini telah menjadi konsumsi minuman yang akrab dalam kehidupan sehari-hari di berbagai tingkat masyarakat.

Penyembuhan dengan jus merupakan solusi yang tepat untuk menyiasati agar jus yang dibuat dengan pemanfaatan tanaman obat tetap enak dinikmati, tanpa mengurangi khasiat obatnya. Hal-hal yang perlu dperhatikan dalam mengkonsumsi bahan-bahan alami untuk jus adalah sebelum digunakan, sebaiknya semua alat dan buah dicuci bersih, kecuali bahan-bahan kering yang dibeli di toko obat (Tionghoa).

Untuk bahan-bahan yang akan direbus, sebelumnya dipotong/diiris-iris terlebih dahulu, agar zat yang terkandung lebih cepat meresap ke dalam rebusan. Sedangkan untuk bahan yang berbentuk bubuk yang didapatkan dari proses pengeringan dengan sinar matahari, oven, atau diangin-anginkan kemudian digiling hingga menjadi bubuk.

Terapi jus untuk penyembuhan, antara lain, untuk mengobati demam berdarah. Caranya, gunakan 30 gram buah jambu biji/klutuk yang matang diblender tambahkan air panas secukupnya hingga tertampung satu gelas dan diminum selagi hangat.

Selain itu bisa gunakan 15 Butir angeo (dibuang bijinya), 1 buah kesemek diblender dengan air secukupnya dan diminum. Atau ambil 30 gram temulawak, 10 butir angeo dibuang bijinya, 100 gr akar teratai, 1 buah jambu biji diblender dengan air secukupnya lalu diminum. Bahan lainnya adalah 40 gram umbi daun dewa (tien chi) segar diblender dengan air secukupnya dan diminum.

Mengobati kolesterol tinggi dengan menggunakan 75 r kacang tanah (direndam hingga lembut), 50 gr biji jagung, dikukus hingga matang kemudian kedua bahan tersebut diblender dan tambahkan air secukupnya lalu diminum. Selain itu, bisa menggunakan 30 gram jamur kuping hitam direndam hingga lembut dan dikukus hingga matang, kemudian diblender dengan air secukupnya dan diminum.

Cara lain dengan menggunakan 100 gram kulit kacang kering dan 5 lembar daun salam segar direbus dengan 200 cc hingga tersisa 100 cc saring airnya, 200 gr buah anggur diblender dan tambahkan air rebusan tadi serta tambahkan 1 sendok makan madu, lalu aduk rata dan diminum.

Atasi ejakulasi dini dengan menggunakan 10 Buah ginkgo biloba dikupas kulitnya dan disaring hingga berwarna kekuningan, 1 buah delima kupas kulitnya, 1 buah jambu klutuk/biji setengah matang (bijinya dibuang) di blender dan tambahkan air secukupnya lalu diminum.
Selain itu bisa menggunakan 60 gram sulur pohon beringin direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc, kemudian disaring airnya dan gunakan untuk memblender 5 butir lakci yang telah disangrai hingga berwarna kekuningan lalu diminum. Cara lain adalah ambil 150 gram daun kacang tanah yang telah dikukus hingga matang, 10 butir ginkgo biloba (pak ko) dikupas kulitnya dan direndam hingga lembut kemudian disaring hingga kekuningan, semua bahan diblender dengan air secukupnya.

Mengobati frigiditas dengan menggunakan 20 gram kie cie dikukus hingga matang, 10 butir angco (dibuang bijinya), 6 butir buah lengkeng, 15 gr jahe, 1 butir bunga lawang, 1 buah delima dikupas kulitnya, kemudian diblender dan tambahkan air secukupnya lalu diminum.

Cara lain adalah dengan menggunakan 5 gram jinten, 10 gr kencur, 10 gr bangle, 10 gr lempuyang, 1 buah delima di buang kulitnya diblender dengan air secukupnya dan tambahkan 1 sendok makan dan diminum. Atau gunakan 65 gram seledri kecil dan 10 gr jahe, diblender dengan air secukupnya lalu diminum.

Untuk meningkatkan stamina, gunakan 100 gram kacang tanah (kukus hingga matang), 50 gr kuaci biji labu kuning/parang kupas kulitnya, diblender dengan air secukupnya, kemudian tambahkan madu secukupnya, aduk rata dan diminum.

Cara lain adalah ambil 150 gram buah anggur, 40-50 gr lengkeng kering, diblender dengan air secukupnya. Tambahkan 1 sendok makan madu aduk rata dan diminum. Atau gunakan 10 butir buah lengkeng dibuang bijinya diblender dengan air secukupnya. Tambahkan madu secukupnya aduk rata dan diminum.

Bisa juga menggunakan 10 butir angco dibuang bijinya, 2 buah kiaboi/sun boi dibuang bijinya, 25 gr kencur, 3 gr jahe diblender dengan air secukupnya lalu diminum.

Catatan:
Untuk penyakit yang serius dianjurkan tetap konsultasi ke dokter. Lakci dan ginkgo biloba dapat dibeli di toko obat Tionghoa. Saat ini telah tersedia buku berjudul "Penyembuhan dengan Jus" yang ditulis oleh Prof Hembing Wijayakusuma. (Hiptri)

Prof HM Hembing Wijayakusuma, ahli pengobatan tradisional dan akupunktur; Ketua Umum Himpunan Pengobat Tradisional & Akupunktur se-Indonesia