Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di Blog Info Konservasi Papua

Cari Informasi/Berita/Tulisan/Artikel di Blog IKP

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org
Info Foto : 1) Virtuoso Entertain bersama Numbay Band saat melakukan penampilan bersama Artis Nasional Titi DJ. 2) Saat penampilan bersama Artis Diva Indonesia, Ruth Sahanaya. 3) Mengiringi artis Papua, Edo Kondologit dan Frans Sisir pada acara "Selamat Tinggal 2012, Selamat Datang 2013" kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok 2 Jayapura. 4) Melakukan perform band dengan Pianis Jazz Indonesia. 5) Personil Numbay Band melakukan penampilan di Taman Imbi, Kota Jayapura. Vitrtuoso Entertain menawarkan produk penyewaan alat musik, audio sound system dan Band Profesional kepada seluruh personal, pengusaha, instansi pemerintah,perusahaan swasta, toko, mal, kalangan akademisi, sekolah, para penggemar musik dan siapa saja yang khususnya berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, serta umumnya di Tanah Papua. Vitrtuoso Entertain juga menawarkan bentuk kerjasama seperti mengisi Acara Hari Ulang Tahun baik pribadi maupun instansi, Acara Wisuda, Acara tertentu dari pihak sponsor, Mengiringi Artis dari tingkat Nasional sampai Lokal, Acara Kampanye dan Pilkada, serta Acara-Acara lainnya yang membutuhkan penampilan live, berbeda, profesional, tidak membosankan dan tentunya.... pasti hasilnya memuaskan........ INFO SELENGKAPNYA DI www.ykpmpapua.org

02 June 2006

Manca Negara : Amerika : Demi Pasangan, Katak Túngara Jantan Mengubah Pita Suaranya

( Kompas, Kamis 01 Juni 2006 )
Katak tropis túngara jantan (Physalaemus pustulosus) memiliki jaringan serat lebih tebal di pita suaranya sehingga dapat merayu katak betina dengan suara yang kompleks. Demikian kesimpulan para peneliti dari Institut Penelitian Tropis Smithsonian di Panama yang dimuat dalam jurnal Nature edisi 4 Mei.

Katak túngara jantan menarik perhatian katak betina dengan mengeluarkan suara panjang dan pendek di daerah yang basah dan kubangan air selama musim hujan. Katak jantan pada awalnya mungkin hanya menghasilkan suara panjang, namun katak betina lebih tertarik pada katak yang mengeluarkan suara pendek.
Untuk mencari hubungan tersebut, para ilmuwan mengambil jaringan berserat di batang tenggorokan katak jantan melalui pembedahan ringan. Katak yang tidak memiliki bagian ini ternyata tidak dapat menghasilkan suara pendek lagi.

Katak tetap dapat menghasilkan suara panjang dan mencoba mengeluarkan suara-suara pendek. Namun, suara yang dihasilkan tidak sebaik suara pendek yang sebelumnya dapat dikeluarkannya.

"Dengan mengambil struktur di batang tenggorokan, kami mengurangi kemampuan seekor katak menghasilkan suara yang kompleks," kata peneliti utamanya, Dr Mike Ryan dari Universitas Texas, Austin. Mulai sekarang, lanjut Ryan, "Kami tahu bahwa terdapat struktur yang menjadi penentu suara tertentu."

"Percobaan ini menunjukkan bahwa jaringan berserat menghasilkan suara kompleks katak túngara jantan," kata peneliti lainnya Dr Marcos Gridi-Papp dari Universidade Estadual Paulista, Brazil. Namun, ini juga menunjukkan bahwa suara kompleks merupakan respon atas sikap tertariknya katak betina mengingat katak betina telah memperlihatkan rasa tertarik sebelumnya.

"Di samping membentuk perilaku katak jantan, ketertarikan katak betina juga mempengaruhi anatomi alat penghasil suara katak jantan. Hal tersebut mendorong pertumbuhan jaringan berserat yang lebih tebal untuk menghasilkan suara kompleks," kata Gridi-Papp.

"Hubungan yang sederhana antara jaringan berserat dan panggilan yang kompleks ini merupakan gejala evolusi kemampuan akustik yang dapat kami pelajari," kata Gridi-Papp. Perlu dilakukan penelitian pada spesies lain dalam satu genus untuk memahami mengapa hal tersebut muncul pada katak túngara namun tidak pada spesies lainnya.