Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di Blog Info Konservasi Papua

Cari Informasi/Berita/Tulisan/Artikel di Blog IKP

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org
Info Foto : 1) Virtuoso Entertain bersama Numbay Band saat melakukan penampilan bersama Artis Nasional Titi DJ. 2) Saat penampilan bersama Artis Diva Indonesia, Ruth Sahanaya. 3) Mengiringi artis Papua, Edo Kondologit dan Frans Sisir pada acara "Selamat Tinggal 2012, Selamat Datang 2013" kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok 2 Jayapura. 4) Melakukan perform band dengan Pianis Jazz Indonesia. 5) Personil Numbay Band melakukan penampilan di Taman Imbi, Kota Jayapura. Vitrtuoso Entertain menawarkan produk penyewaan alat musik, audio sound system dan Band Profesional kepada seluruh personal, pengusaha, instansi pemerintah,perusahaan swasta, toko, mal, kalangan akademisi, sekolah, para penggemar musik dan siapa saja yang khususnya berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, serta umumnya di Tanah Papua. Vitrtuoso Entertain juga menawarkan bentuk kerjasama seperti mengisi Acara Hari Ulang Tahun baik pribadi maupun instansi, Acara Wisuda, Acara tertentu dari pihak sponsor, Mengiringi Artis dari tingkat Nasional sampai Lokal, Acara Kampanye dan Pilkada, serta Acara-Acara lainnya yang membutuhkan penampilan live, berbeda, profesional, tidak membosankan dan tentunya.... pasti hasilnya memuaskan........ INFO SELENGKAPNYA DI www.ykpmpapua.org

13 April 2008

Kaimana Kembangkan 1 Juta Pohon Pala

(www.kompas.com, 13-04-2008)

KAIMANA, MINGGU - Di Kota Senja Kaimana Papua Barat kini sedang digalakkan penanaman satu juta bibit pala sebagai persiapan menjadikan komoditas ekspor ini sebagai andalan bagi kabupaten yang baru berusia lima tahun itu. Pencanangan dilakukan Bupati Kaimana Hasan Achmad sejak tahun 2007 dengan mempersiapkan 100.000 bibit.

Luis Umberi, Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kaimana mengatakan penanaman bibit dilakukan di tujuh distrik yang terdapat di Kaimana. Ia mengatakan program satu juta pohon ini paling lama terealisasi 2017. Selain penanaman baru, bibit juga disediakan untuk mengganti pohon pala yang telah rusak, ujar Luis.

Ia memperkirakan bibit ini dapat mulai menghasilkan buah sekitar delapan tahun mendatang. Setiap 10 pohon ditargetkan mampu menghasilkan 5-6 ton buah pala. Ia mengatakan selama ini pala hasil garapan petani Kaimana diterima penadah dan pedagang yang mengirimkannya ke Surabaya dan daerah-daerah lain. Harga isi pala Rp 18.000 per kilogram dan buah Rp 35.000 per kilogram.

Buah pala di Kaimana seperti halnya di kabupaten induk Fakfak berbuah setahun dua kali yaitu sekitar bulan April dan Desember. Karena bertepatan dengan musim di lautan, musim angin barat dan angin timur, buah yang matang bulan April biasa disebut Pala Barat dan di bulan Desember disebut Pala Timur.

Menurut data Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kaimana, produksi rata-rata per tahun komoditas tanaman perkebunan pala sebanyak 324.443 ton. Hasil ini ingin terus digenjot untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat.

Ichwan Susanto