Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di Blog Info Konservasi Papua

Cari Informasi/Berita/Tulisan/Artikel di Blog IKP

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org
Info Foto : 1) Virtuoso Entertain bersama Numbay Band saat melakukan penampilan bersama Artis Nasional Titi DJ. 2) Saat penampilan bersama Artis Diva Indonesia, Ruth Sahanaya. 3) Mengiringi artis Papua, Edo Kondologit dan Frans Sisir pada acara "Selamat Tinggal 2012, Selamat Datang 2013" kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok 2 Jayapura. 4) Melakukan perform band dengan Pianis Jazz Indonesia. 5) Personil Numbay Band melakukan penampilan di Taman Imbi, Kota Jayapura. Vitrtuoso Entertain menawarkan produk penyewaan alat musik, audio sound system dan Band Profesional kepada seluruh personal, pengusaha, instansi pemerintah,perusahaan swasta, toko, mal, kalangan akademisi, sekolah, para penggemar musik dan siapa saja yang khususnya berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, serta umumnya di Tanah Papua. Vitrtuoso Entertain juga menawarkan bentuk kerjasama seperti mengisi Acara Hari Ulang Tahun baik pribadi maupun instansi, Acara Wisuda, Acara tertentu dari pihak sponsor, Mengiringi Artis dari tingkat Nasional sampai Lokal, Acara Kampanye dan Pilkada, serta Acara-Acara lainnya yang membutuhkan penampilan live, berbeda, profesional, tidak membosankan dan tentunya.... pasti hasilnya memuaskan........ INFO SELENGKAPNYA DI www.ykpmpapua.org

29 October 2008

Publikasi : Pandangan dan Prinsip Pengelolaan Alam Masyarakat Adat Kampung Haya, Mamberamo - Papua


Telah terbit sebuah Publikasi dari Kantor CII Mamberamo Program
Judul : Pandangan dan Prinsip Pengelolaan Alam Masyarakat Adat Kampung Haya
Penulis : Yoseph Watopa
Halaman : 41 lembar
Tim Peneliti : Yoseph Watopa, Jance Bemei, Hugo Yoteni, Yafet Watori, Untung Ginting, Aca Sokoy, Riyadi, Michael Korwa, Yosep Boseren

Kata Pengantar
Kembali lagi kami melaksanakan suatu survei mengenai persepsi masyarakat tentang alam dan konservasi di Mamberamo. Survei ini dilakukan oleh team Multidisciplinary Landscape Assessment (MLA ) di Papua. Team ini telah mengikuti proses pelatihan teori, praktek lapangan dan analisis data pada tahun 2004. Pada studi MLA tahap ke II yang dilaksanakan pada tahun 2006, telah dilakukan adaptasi metode di Mamberamo pada desa Kwerba, Papasena dan Kay, jug diikuti oleh anggota team MLA Papua. Berdasarkan hasil adaptasi metode yang telah dilakukan maka, kami melaksanakan survei ini di Kampung Haya.

Walaupun kampung-kampung yang telah dilakukan kegiatana MLA terletak dalam suatu wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) yang sama yaitu DAS Mamberamo, belum tentu pemahaman dan prioritas tentang alam dari tiap kampung sama. Tiap kampung di Mamberamo memiliki karakteristik alam, budaya dan manusia yang berbeda. Pemahaman tentang alam dilihat sebagai suatu pintu masuk yang baik bagi pengembangan program konservasi di Mamberamo dalam upaya untuk melindungi dan melestarikan kawasan Mamberamo.

Dengan melihat prioritas lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam, kita dapat lebih spesifik menyusun suatu rencana pengelolaan kawasan yang baik untuk konservasi maupun untuk pembangunan. Pembangunan yang dimaksudkan adalah pembangunan yang mengangkat dan melindungi hak masyarakat atas sumber daya alam yang dapat dikelola secara berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip alamiah pelestarian alam berbasis masyarakat adat.

Laporan ini berisi tentang proses kegiatan di kampung Haya, mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan survei serta hasil analisis LUVI tentang kepentigan lahan, hutan dan spesies.

Proses kegiatan ini dilaksanakan oleh Conservation Internatioan Indonesia Program Papua di Mamberamo, dengan mengikut sertakan staff Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedalda) Provinsi Papua sebagai anggota team MLA Papua. Selain itu, masyarakat lokal juga turut berperan aktif selama proses kegiatan berlangsung, diantaranya beberapa orang dipilih sebagai informan lokal; serta dipilihnya beberapa kelompok masyarakat dalam pembuatan peta sumber daya alam dan kelompok diskusi skoring Pebble Distribution Methode (PDM) di kampung, dimana mereka juga telah meluangkan waktu, tenaga, pikiran dalam membantu proses diskusi-diskusi kelompok maupun kegiatan wawancara.

Kegiatan ini terlaksana atas bantuan dana dari Moore Foundation. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada pihak donor yang telah membantu kami membiayai kegiatan ini. Selain itu kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat kampung Haya yang telah bekerja sama dalam melakukan kegiatan survey ini serta berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini di kampung . Kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedalda) Provinsi Papua, team MLA dari CIFOR di Bogor yang memberikan assistensi , Dewan Adat Mamberamo Raya (DAMR), Kepala Distrik Roufaer, Kepala Kampung Haya dan para kepala suku keret di Kampung Haya. Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada Tommy Wakum yang telah membantu proses surat menyurat kepada beberapa pihak terkait untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini. Kiranya Tuhan pencipta alam semesta akan membalas budi baik Bapak dan Ibu semua.

Peter Kamarea
Mamberamo Program Manager
CII Papua Program