Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di Blog Info Konservasi Papua

Cari Informasi/Berita/Tulisan/Artikel di Blog IKP

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org
Info Foto : 1) Virtuoso Entertain bersama Numbay Band saat melakukan penampilan bersama Artis Nasional Titi DJ. 2) Saat penampilan bersama Artis Diva Indonesia, Ruth Sahanaya. 3) Mengiringi artis Papua, Edo Kondologit dan Frans Sisir pada acara "Selamat Tinggal 2012, Selamat Datang 2013" kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok 2 Jayapura. 4) Melakukan perform band dengan Pianis Jazz Indonesia. 5) Personil Numbay Band melakukan penampilan di Taman Imbi, Kota Jayapura. Vitrtuoso Entertain menawarkan produk penyewaan alat musik, audio sound system dan Band Profesional kepada seluruh personal, pengusaha, instansi pemerintah,perusahaan swasta, toko, mal, kalangan akademisi, sekolah, para penggemar musik dan siapa saja yang khususnya berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, serta umumnya di Tanah Papua. Vitrtuoso Entertain juga menawarkan bentuk kerjasama seperti mengisi Acara Hari Ulang Tahun baik pribadi maupun instansi, Acara Wisuda, Acara tertentu dari pihak sponsor, Mengiringi Artis dari tingkat Nasional sampai Lokal, Acara Kampanye dan Pilkada, serta Acara-Acara lainnya yang membutuhkan penampilan live, berbeda, profesional, tidak membosankan dan tentunya.... pasti hasilnya memuaskan........ INFO SELENGKAPNYA DI www.ykpmpapua.org

05 August 2008

Manokwari : Harga TBS Dinaikan, Petani Bergairah

(www.radarsorong.com, 04-08-2008)
MANOKWARI-Keberadaan PT Perkebunan Nusantara II Unit Prafi diharap mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Karena itu kebun kepala sawit yang berada di dataran Prafi dan Masni ini harus dikelola secara baik dan profesional. Ketua Komisi IV DPR-RI, HZ Arifin Junaedi menyampaikan hal ini ketika bertatap muka dengan Administratur PTPN II Unit Prafi Ir.R Simanjuntak dan jajarannya.
Sebagian besar tanaman kepala sawit yang dimiliki PTPN II Unit Prafi sudah tua, sehingga perlu dilakukan peremajaan. Pihak perusahaan pun masih berpikir meningkatkan daya tampung pabrik.

’’Memang saat ini daya pasang pabrik 60 ton tandan buah segar (TBS) per hari, namun yang bisa direalisasikan hanya 30 ton TBS/hari. Perusahaan mau meningkatkan, tapi hasilnya masih kurang,’’ ujar Junaedi kepada Manokwari Pos usai pertemuan di Administratur PT PN II Unit Prafi Sabtu (2/7).
Dikatakan, harga TBS di PT PN II Unit Prafi jauh dari yang berlaku di Medan (kantor pusat PT PN II Tanjung Morawa). Di Medan, menurut Junaedi, harga per kg TBS di atas Rp 2.000. Sedangkan yang berlaku di PTPN II Unit Prafi, Manokwari hanya Rp 1.330/kg TBS.

‘’Saya kira yang membuat petani kurang bergairah karena harganya yang kurang menarik. Harga di sini hanya Rp 1.330/kg TBS, sementara di Medan di atas Rp 2.000,’’ tukasnya.
Ketua Komisi IV DPR-RI ini berharap agar manajemen PTPN II bisa menaikkan harga TBS yang dibeli dari petani. Dengan harga yang tinggi, tentu akan memacu petani mengelola kebun sawitnya secara optimal.

’’Dengan harga yang menarik, maka saya kira ini akan memacu petani. Dia juga akan membuka lahan-lahan baru karena harganya menarik,’’ imbuhnya.
Menurut Ketua Komisi IV ini, pengelolaan kebun kepala sawit di unit Prafi kurang optimal mulai dari pemeliharaan hingga pabriknya. Usia dan kurangnya penanganan pemupukan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya produktifitas.

’’Langkah yang bisa diambil, ya dengan kebun percontohan, dibuatkan demplot supaya dapat diperlihatkan bagaimana pemupukan dan pemeliharaan yang baik, sehingga produksi meningkat,’’ ujarnya.Dilaporkan Administratur PTPN II Unit Prafi Ir.R. Simanjuntak,k ebun kelapa sawit yang ada di Manokwari ini ditanam sejak tahun 1982 bersamaan dengan dibukanya pemukiman transmigrasi. Areal yang ada saat ini seluas 11.514,84 ha, terdiri dari kebun inti milik PTPN III dan milik warga lewat program PIR (plasma). Luas kebun milik PTPN II 2.896,99 ha kepala sawit dan 307,11 ha kakao. Sedangkan kebun plasma (milik warga) seluas 7.400 ha.(lm)