Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di Blog Info Konservasi Papua

Cari Informasi/Berita/Tulisan/Artikel di Blog IKP

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org
Info Foto : 1) Virtuoso Entertain bersama Numbay Band saat melakukan penampilan bersama Artis Nasional Titi DJ. 2) Saat penampilan bersama Artis Diva Indonesia, Ruth Sahanaya. 3) Mengiringi artis Papua, Edo Kondologit dan Frans Sisir pada acara "Selamat Tinggal 2012, Selamat Datang 2013" kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok 2 Jayapura. 4) Melakukan perform band dengan Pianis Jazz Indonesia. 5) Personil Numbay Band melakukan penampilan di Taman Imbi, Kota Jayapura. Vitrtuoso Entertain menawarkan produk penyewaan alat musik, audio sound system dan Band Profesional kepada seluruh personal, pengusaha, instansi pemerintah,perusahaan swasta, toko, mal, kalangan akademisi, sekolah, para penggemar musik dan siapa saja yang khususnya berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, serta umumnya di Tanah Papua. Vitrtuoso Entertain juga menawarkan bentuk kerjasama seperti mengisi Acara Hari Ulang Tahun baik pribadi maupun instansi, Acara Wisuda, Acara tertentu dari pihak sponsor, Mengiringi Artis dari tingkat Nasional sampai Lokal, Acara Kampanye dan Pilkada, serta Acara-Acara lainnya yang membutuhkan penampilan live, berbeda, profesional, tidak membosankan dan tentunya.... pasti hasilnya memuaskan........ INFO SELENGKAPNYA DI www.ykpmpapua.org

08 January 2013

Timika : Februari LPMAK Mulai Bangun Pabrik Pengolahan Tepung Sagu

 (www.bintangpapua.com, 08-01-2013)
TIMIKA - Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) dalam tahun 2013 akan membangun pabrik pengolahan tepung sagu untuk membantu meningkatkan pendapatan warga di wilayah pesisir barat Kabupaten Mimika.

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Emanuel Kemong di Timika, Senin mengatakan jika tidak ada kendala maka pembangunan pabrik pengolahan tepung sagu akan segera dimulai sekitar bulan Februari.
Emanuel mengatakan, LPMAK telah melakukan foto udara untuk melihat potensi hutan sagu di wilayah pesisir Mimika. Hasil pemetaan melalui foto udara tersebut ditindaklanjuti dengan survei lapangan oleh tim dari LPMAK bekerja sama dengan masyarakat pemilik hak ulayat.

"Potensi sagu yang nanti kita ambil untuk produksi tepung sagu yaitu di kawasan hutan yang selama ini belum digarap oleh masyarakat sehingga tidak sampai mengganggu sagu milik masyarakat untuk diolah guna memenuhi kebutuhan hidup mereka," jelas Emanuel.

Menurut dia, setiap penebangan pohon sagu untuk diambil sarinya menjadi tepung sagu akan ditanam kembali agar tidak merusak hutan dan ekosistem lainnya.

Emanuel mengatakan, agar rencana pembangunan pabrik pengolahan tepung sagu tersebut bisa terealisasi dan pada akhirnya memberikan manfaat bagi masyarakat Suku Kamoro di wilayah pesisir Mimika, maka sangat dibutuhkan sosialisasi dan partisipasi aktif masyarakat setempat.

Pasalnya, pabrik pengolahan sagu yang akan dibangun semata-mata untuk kepentingan masyarakat dan masyarakat sendirilah yang akan mengelolanya.
Beberapa waktu lalu LPMAK membawa sejumlah tokoh masyarakat dari beberapa kampung di wilayah Mimika Barat untuk mengikuti kegiatan studi banding di Selat Panjang, Provinsi Kepulauan Riau untuk melihat usaha pengolahan tepung sagu di daerah itu.

Lima kampung yang nantinya akan terlibat langsung dalam kegiatan pabrik pengolahan tepung sagu di Distrik Mimika Barat yaitu Kampung Timika Pantai, Kekwa, Migiwia, Mimika dan Kokonao.
Lokasi pembangunan pabrik pengolahan tepung sagu akan ditentukan kemudian berdasarkan hasil kesepakatan masyarakat lima kampung tersebut.

Pembangunan pabrik pengolahan tepung sagu akan dipusatkan di wilayah Distrik Mimika Barat mengingat di daerah itu terdapat lahan potensial tumbuhan sagu terbanyak di Mimika.
Tepung sagu selama ini dimanfaatkan oleh masyarakat wilayah pesisir Mimika sebagai bahan kebutuhan pokok sehari-hari. Di tempat lain, tepung sagu bisa diolah menjadi tepung mie instan, makanan ternak dan lainnya.  (ant/achi/lo1)