Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di Blog Info Konservasi Papua

Cari Informasi/Berita/Tulisan/Artikel di Blog IKP

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org

IKLAN PROMO : VIRTUOSO ENTERTAIN " NUMBAY BAND ", info selengkapnya di www.ykpmpapua.org
Info Foto : 1) Virtuoso Entertain bersama Numbay Band saat melakukan penampilan bersama Artis Nasional Titi DJ. 2) Saat penampilan bersama Artis Diva Indonesia, Ruth Sahanaya. 3) Mengiringi artis Papua, Edo Kondologit dan Frans Sisir pada acara "Selamat Tinggal 2012, Selamat Datang 2013" kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Dok 2 Jayapura. 4) Melakukan perform band dengan Pianis Jazz Indonesia. 5) Personil Numbay Band melakukan penampilan di Taman Imbi, Kota Jayapura. Vitrtuoso Entertain menawarkan produk penyewaan alat musik, audio sound system dan Band Profesional kepada seluruh personal, pengusaha, instansi pemerintah,perusahaan swasta, toko, mal, kalangan akademisi, sekolah, para penggemar musik dan siapa saja yang khususnya berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, serta umumnya di Tanah Papua. Vitrtuoso Entertain juga menawarkan bentuk kerjasama seperti mengisi Acara Hari Ulang Tahun baik pribadi maupun instansi, Acara Wisuda, Acara tertentu dari pihak sponsor, Mengiringi Artis dari tingkat Nasional sampai Lokal, Acara Kampanye dan Pilkada, serta Acara-Acara lainnya yang membutuhkan penampilan live, berbeda, profesional, tidak membosankan dan tentunya.... pasti hasilnya memuaskan........ INFO SELENGKAPNYA DI www.ykpmpapua.org

08 March 2006

Tips & Trik :"Dedak Berkhasiat Menurunkan Tekanan Darah

( Kompas, Selasa 07 Maret 2006 )
Dedak atau bekatul umumnya dipakai sebagai makanan ternak. Padahal, lapisan terluar biji padi yang terlepas saat digiling tersebut mengandung gizi tinggi yang baik untuk tubuh manusia. Tidak hanya itu saja, hasil penelitian di Jepang menunjukkan bahwa dedak dapat menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian ini dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry edisi 27 Januari.
Dalam penelitian tersebut, Ardiansyah Michwan, mahasiswa doktor asal Indonesia di Tohoku University dan para peneliti di National Research Institute of Brewing, Jepang melakukan percobaan pada tikus yang mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

Tikus-tikus tersebut dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama yang dipakai sebagai pengendali diberi menu makanan seperti biasa. Sedangkan, kelompok kedua dan ketiga diberi makanan tambahan berupa enzim Driselase dan etanol yang diektrak dari dedak sebesar 60 gram untuk setiap kilogram berat
tubuhnya.

Setelah delapan minggu, tekanan darah tikus pada kelompok kedua dan ketiga 20 persen lebih rendah daripada kelompok pengendali. Tikus-tikus dalam kelompok yang diberi makanan tambahan juga memiliki kandungan angiotensin-1 converting enzyme (ACE) lebih rendah dalam darahnya.

ACE adalah enzim pengubah angiotensin-1 menjadi angiotensin-2 yang memicu penyempitan pembuluh darah. Selain itu, kadar 8-hydroxy-2'-deoxyquanosine (8-OHdG) yang menunjukkan tekanan oksidasi juga lebih rendah pada tikus yang diberi makanan tambahan.

"Tekanan oksidasi berperan penting dalam proses perkembangan penyakit kardiovaskular," kata Ardiansyah yang juga penulis utama laporan penelitian tersebut. Hal tersebut menunjukkan bahwa dedak mungkin sangat baik bagi penderita hipertensi, hiperlipidemia (kadar lemak berlebih), dan hyperglycemia (kadar gula darah berlebih). Menurut Ardiansyah, khasiatnya mungkin didukung kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan pada dedak.

Pengaruh dedak terhadap hyperlipidemia bukanlah hal yang baru. NutraCea yang berbasis di AS telah mengklaim empat paten untuk hal tersebut. Meskipun demikian, pengaruh dedak terhadap penurunan tekanan darah belum banyak yang membuktikan.

Ardiansyah menekankan bahwa ekstraksi enzim dari dinding sel dedak adalah cara baru. Namun, penggunaan enzim akan lebih mudah diterapkan jika dedak dijadikan makanan fungsional. Menurutnya, bekatul mengandung komponen bioaktif oryzanol, tokoferol, dan asam felurat yang membuatnya berpotensi menjadi bahan makanan fungsional. Oryzanol berfungsi menurunkan kolesterol merugikan di darah. Tokoferol adalah vitamin E yang bersifat antioksidan. Sedangkan asam felurat diketahui menurunkan kadar gula dan tekanan darah.

Lebih dari 600 juta penduduk dunia mengalami tekanan darah tinggi. Bahkan penyakit tersebut menjadi biang kematian lebih dari 7 juta orang di antaranya. Seseorang dianggap mengalami tekanan darah tinggi jika tekanan sistol dan diastol darahnya di atas 140 dan 190 milimeter hidrargium (mmHg).